TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes Resmi Dimulai

TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes Resmi Dimulai

BREBES - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 109 Kodim 0713 Brebes resmi dimulai. Dimulainya TMMD tersebut ditandai dengan pelimpahan pembangunan ke Komandan Satgas (Dansatgas) di Pendopo Brebes, Selasa (22/9/2020).

TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes sendiri dilaksanakan di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes.

"Secara resmi Pemkab Brebes menyerahkan pembangunan fisik dan non fisik kepada Dansatgas TMMD Reguler 109," kata Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH.

Dalam sambutanya, bupati mengajak semua pihak untuk membantu TNI mensukseskan  TMMD di Desa Kalinusu.

“Kita menganggarkan pembangunan akses jalan di Desa Kalinusu senilai Rp 900 juta dari APBD tahun 2020 ini, ditambah dari APBD Provinsi Jateng senilai Rp 195 juta,” bebernya.

Dikatakannya lanjut, anggaran tersebut hanya untuk membangun fisik dan non fisik di Kalinusu, karena untuk SSK Satgas TMMD didukung Mabes TNI sebesar Rp 339,3 juta.

Dengan adanya program TMMD di Desa Kalinsu diharapkan masyarakat di salah satu dusun yang terisolasi di Desa Kalinusu, yakni Dusun Kedung Kandri, dapat dengan mudah melakukan segala aktivitasnya, baik itu pertanian, barang dan jasa, pendidikan, maupun mudah untuk mendapatkan fasilitas kesehatan terdekat.

Danrem 071 Wijayakusuma, Kolonel Infanteri Dwi Lagan Safrudin, S.I.P berharap kepada masyarakat untuk dapat merawat hasil TMMD tersebut. Dikatakanya, infrastruktur jalan yang sedang dibuka dan dibangun itu bertujuan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor, baik itu perekonomian, pendidikan, dan juga kesehatan, sehingga masyarakat diharapkan memeliharanya dengan baik.

“Jadi jangan setelah jalan itu dibuatkan, masyarakat tidak memelihara sehingga jalan itu cepat rusak,” ucap Dwi.

Dwi juga mengajak agar seluruh pihak di Kabupaten Brebes, membantu jajaran Pemkab, Kodim dan Polres, dalam mensukseskan program pembangunan lintas sektoral di Desa Kalinusu itu.

Kegiatan TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik program yang dikerjakan meliputi, pembukaan jalan setapak untuk membuka salah satu dusun yang terisolasi (Kedung Kandri) sepanjang 1.670 meter lebar 4-6 meter (RAB), pembangunan talud di kanan kiri jalan sepanjang 2.750 meter tinggi 0,5 - 1,5 meter, pekerjaan 3 plat deker, dan 1 gorong-gorong.

Untuk sasaran tambahan yakni rehab 5 unit RTLH senilai masing-masing Rp 10 juta. Over prestasi fisik yang telah dilakukan adalah pembuatan MCK semi permanen di pinggir Lapangan Sepakbola Kalinusu, dengan fasilitas 4 closet dan 1 kamar mandi.

Sedangkan untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan/sosialisasi yang meliputi Penghijauan, Pertanian, Peternakan, MKRPL (Model Kawasan Rumah Pangan Lestari), Bencana Alam, Hukum Terpadu, Kesehatan, KB Kes, Anatomi Teroris, Kamtibling, Perizinan, Nakertrans (Tenaga Kerja dan Transmigrasi), UU Perkawinan, P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba), PPBN (Pendidikan Pendahuluan Bela Negara), dan penyuluhan/sosialisasi bidang lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Untuk pelayanan yaitu Akte Kelahiran, KB Kes, Pusling (Perpustakaan Keliling), dan direncanakan ada pasar murah di penutupan TMMD Reguler pada 21 Oktober mendatang.