Pramuka Kwarcab Kota Tegal Siapkan Pramuka Garuda Melalui KPGD

Pramuka Kwarcab Kota Tegal Siapkan Pramuka Garuda Melalui KPGD
Pelaksanaan Kursus Pengelola Gugus Depan Kwarda Provinsi Jawa Tengah di Kwarcab Kota Tegal

Tegal - Bak lirik lagu Meggy Z, Kau yang nyalakan, engkau pula yang padamkan. Perhelatan Kursus Pengelola Gugus Depan Kwartir Daerah Jawa Tengah dan Kwartir Cabang Kota Tegal dibuka dan ditutup Wakil Walikota HM Jumadi, ST, MM yang juga sebagai Ketua Kwarcab Kota Tegal.

Pada hari Senin yang lalu (02/11), HM Jumadi membuka Kursus Pengelola Gugus Depan di Sanggar Kwarcab jl. Hangtuah, Tegal Barat, Kota Tegal. Pada hari Kamis, (5/11) Wakil Walikota pula yang menutup pergelaran kursus selama 5 hari tersebut.

Bedanya api dipadamkan menghasilkan kegelapan, penutupan pergelaran kursus pelatihan gugus depan, menghasilkan optimisme mencetak Pramuka Garuda.

Sebuah harapan bagi para Pramuka menjadi Pramuka Garuda. Sebab untuk mencapai pramuka Garuda tidaklah semudah membalikan telapak tangan tapi harus melewati proses panjang. Maka sebagaimana disebutkan Wakil Walikota bahwa Kwarda Jawa Tengah terdapat 7 (tujuh) misi yang harus dicapai salah satunya memantapkan kualitas Gugus Depan sebagai ujung tombak pembinaan Kepramukaan.

" Dengan begitu, akan terwujud anggota pramuka yang berkualitas, percaya diri dan diyakini mempunyai karakter kebangsaan, kecakapan, daya saing dan kepedulian yang baik, " Demikian Jumadi saat menyampaikan dalam pembukaan didepan peserta kursus, Senin (2/11).

Pesan itu pula yang disampaikan Wakil Walikota HM Jumadi dalam kesempatan menutup kursus yang diikuti 70 orang pramuka, Kamis kemarin siang (5/11).

" Komitmen kita adalah terwujudnya anggota muda gerakan Pramuka Jawa Tengah yang cakap, berkarakter, berdaya saing dan peduli, " Ujar Jumadi.

Menurutnya, sesuai strategi utama dalam pencapaian visi Kwarda Jawa Tengah 2023 yaitu program Pengembangan Gugus Depan menjadi Gugus Depan Mantap.

Jumadi juga menambahkan bahwa Gugus Depan Mantap merupakan postur gugus depan pramuka yang mempunyai keunggulan dan kekuatan dibidang manajemen dan administrasi, SDM, keuangan dan sarana prasarana, kegiatan, proses, prestasi, kemitraan dan kehumasan.

Selanjutnya Jumadi meminta pada peserta yang telah mengikuti kursus Pengelola Gugus Depan untuk dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti kursus.

Sementara itu Agung Santiaji, S.IP selaku pimpinan Kursus Pengelola Gugus Depan atau KPGB yang juga Sekretaris Kwarcab Kota Tegal mengatakan harapan kedepannya untuk mencetak Pramuka Garuda. Saat ini menurutnya ada target untuk mencetak 1300 orang sebagai Pramuka Garuda.

" Kegiatan ini sebagai angkatan pertama sebagai embrio pertama memunculkan Pramuka Garuda. Target se-Jawa Tengah 50 ribu orang Pramuka Garuda. Kwarcab Kota Tegal 1300 orang Pramuka Garuda, " Kata Agung Santiaji pada jateng.indonesiasatu.id saat pembukaan kursus.

Seperti diketahui, Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka seperti Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Pramuka Garuda sendiri berlandas hukum Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 101 tahun 1984 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Peraihan menjadi Pramuka Garuda, berasal dari 4 golongan Pramuka yang mengajukan permohonan pada pembina gudep Kwartir untuk mengikuti uji kompetensi untuk menjadi Pramuka Garuda.

Pramuka Garuda itu sendiri dibedakan dalam 4 (empat) golongan sesuai dengan jenjang pendidikan dalam gerakan Pramuka yang diantaranya Pramuka Garuda untuk Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. (Anis Yahya)