Menuju Desa Mandiri, Pemdes Pakujati Bangun Pasar Desa dan Wisata Secara Swadaya

Menuju Desa Mandiri, Pemdes Pakujati Bangun Pasar Desa dan Wisata Secara Swadaya
Lokasi pembangunan pasar desa Pakujati, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. (Foto: Yudhi Prasetyo)

BREBES - Ditengah pandemi covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Pakujati, Kecamatan Paguyangan membangun pasar desa dan wisata. Hebatnya, tempat tersebut dibangun secara swadaya.

Kepala Desa Pakujati Ari Hendri Kusuma mengatakan, pasar desa yang dibangun tersebut berdiri diatas lahan desa seluas 1,5 hektar. Selain pasar, tuturnya, dibelakang pasar juga dilengkapi dengan sarana wisata seperti kolam renang dan lapangan olah raga.

"Kita juga bikin kolam renang dan lapangan olah raga di belakang pasar," kata Ari.

Untuk pasar desa sendiri dibangun sebanyak 100 kios dan 64 los.

"Kios-kios yang kami sediakan sudah laku terjual sebelum jadi," ungkap Ari.

Ari menargetkan pembangunan pasar dan kolam renang, serta lapangan akan selesai pada tahun 2021 mendatang.

Dengan adanya pasar tersebut dapat menjadi sarana promosi produk-produk lokal desa pakujati. Selain itu, bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa.

Kedepan, dengan semakin sejahteranya masyarakat desa, Pemdes Pakujati bisa menjadi desa mandiri sehingga tidak bergantung pada bantuan pemerintah.

"Kita tidak tahu dana desa sampai kapan. Suatu saat jika program dana desa berhenti kita sudah mandiri dengan usaha yang dimiliki kita, yakni pasar desa," ujar Ari.

Pengelolaan pasar desa dan kolam renang akan diserahkan ke Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

"Kolam renang yang kita bikin dilengkapi dengan gelombang buatan dan kafetaria berbentuk perahu yang mengapung," kata Wakil Direktur Bumdes Pakujati Hermawan.

Hermawan menambahkan, setelah jadi diharapkan bisa menjadi ikon wisata Desa Pakujati. 

"Pasar Desa Pakujati ini unik, jika biasanya pasar hanya pasar saja, namun ini dilengkapi dengan wisata kolam renang dan lapangan olah raga," tutur Hermawan.

Letak pasar desa Pakujati dinilai strategis karena berada tidak jauh dari jalan nasional Tegal-Purwokerto serta jalur wisata pemandian air panas Tirta Husada Kedungoleng yang telah lama ada.