Kota dan Kabupaten Tegal Segera Realisasikan TMMD Sengkuyung III TA 2020

Kota dan Kabupaten Tegal Segera Realisasikan TMMD Sengkuyung III TA 2020
Penandatanganan serah terima naskah program TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2020 dari Wakil Walikota Tegal kepada Dandim 0712/Tegal

Tegal - Pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap III TA 2020 akan dilaksanakan di Kota dan Kabupaten Tegal dengan diawali Pra TMMD pada tanggal 3 - 21 September dan realisasinya TMMD dimulai tanggal 22 September hingga 21 Oktober 2020. TMMD kali ini mengusung tema "TMMD Pengabdian Untuk Negeri".

Sebagaimana tujuannya, dilaksanakannya TMMD dilatarbelakangi adanya jalan desa yang belum diperkeras dan terbatasnya swadaya masyarakat. Kegiatan TMMD sendiri diperkuat dengan adanya ST Danrem 071/Wk Nomor STR/118/2020 tanggal 18 September 2020 tentang Perintah melaksanakan TMMD Reguler 109 dan Sengkuyung Tahap III TA 2020.

Penandatanganan Berita Acara serah terima kegiatan TMMD Sengkuyung tahap III di dua daerah tersebut diserahterimakan dari kepala daerah kepada Dansatgas TMMD Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.IP.

Di Kota Tegal, penandatanganan naskah penyerahan TMMD Sengkuyung tahap III tahun 2020 dilaksanakan di Pringgitan Balaikota Tegal jalan Ki Gede Sebayu, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Selasa, (22/9).

Penyerahan program TMMD tersebut diserahterimakan oleh Walikota Tegal yang diwakili oleh Wakil Walikota HM Jumadi, ST, MM kepada Dandim 0712/Tegal, Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.IP yang juga selaku Dansatgas TMMD Sengkuyung tahap III tahun 2020 diwilayah Kota Tegal.

" Saya hanya berpesan kepada pak Dandim dan jajarannya terkait dengan program TMMD ini, yang paling penting adalah bagaimana agar semua bisa tepat waktu itu yang paling penting dan yang lebih penting lagi adalah hasilnya extra ordinary, luar biasa, ” ucap Jumadi yang mewakili Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M., mengawali sambutannya.

Menurut Jumadi, untuk urusan kedisiplinan itu sudah melekat dalam tubuh TNI/Polri, tinggal ASN dan sipil mencontoh bagaimana bisa mendisiplinkan diri seperti TNI/Polri.

“ Hal yang baik kita contoh, makanya Pak Wali, kita semua, bagaimana caranya agar kita bisa meningkatkan kedisiplinan tepat waktu dan segala macamnya. Kemudian saya berpesan pada TNI tunjukkan kapasitas, kapabilitas dalam membangun daerah teruatama program TMMD dibuktikan dengan hasil karya yang luar biasa, dari Sengkuyung Tahap I dan II. Saya kira hasilnya luar biasa. Apresiasi untuk TNI,” kata Jumadi.

Di akhir sambutan, Jumadi meminta agar semangat yang luar biasa tersebut bisa disinergikan, kolaborasikan antara Pemerintah, TNI/Polri, Forkopimda untuk membangun Kota Tegal.

Dalam acara tersebut, hadir seluruh Forkopimda Kota Tegal, Sekda Kota Tegal, Pasiter Kodim 0712/Tegal, Kadis Perkimtaru, Camat Tegal Timur dan Staf OPD terkait di lingkungan pemerintah Kota Tegal.

Pasiter Kodim 0712/Tegal, Kapten Inf Shokib Setyadi dalam laporanya menjelaskan bahwa TMMD yang dilaksanakan di Kelurahan Slerok Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal ini dilatarbelakangi adanya saluran air yang belum permanen dan terbatasnya swadaya masyarakat.

Untuk sasaran kegiatan fisik berupa pemasangan saluran U-Ditch panjang 1.2 meter, lebar 0.3 meter, tinggi 0.4 meter sepanjang 171 meter dan pemasangan U-Ditch panjang 1.2 meter, lebar 0.3 meter, tinggi 0.4 meter sepanjang 112 meter.

Selain itu juga ada sasaran non fisik berupa penyuluhan TMMD, penyuluhan Wasbang dan Bela Negara, penyuluhan kenakalan remaja, narkoba, penyuluhan kb dan kesehatan serta penyuluhan pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu di Kabupaten Tegal, pada hari yang sama juga dilaksanakan Penyerahan Program Dari Bupati Tegal Kepada Dansatgas TMMD Sengkuyung Tahap III TA. 2020

Program TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2020 telah diserahkan oleh Bupati Tegal, Dra Umi Azizah Kepada Dansatgas TMMD Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.IP, di Ruang Rapat Bupati Tegal, Selasa (22/9).

TMMD Sengkuyung tahap III dilaksanakan di Desa Tegalandong Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal.

Sasaran kegiatan fisik berupa pembuatan talud panjang 332m, lebar 0.30m dan tinggi 1.65m, pembuatan Lapen ukuran panjang 710m, lebar 3.5m, tinggi 0.07m serta pembangunan Sheendset ukuran panjang 710m, lebar 3.15m dan tinggi 0.07m.

Selain itu juga ada sasaran non fisik berupa penyuluhan TMMD, penyuluhan Wasbang dan Bela Negara, penyuluhan kenakalan remaja, narkoba, penyuluhan Keluarga Berencana dan kesehatan serta penyuluhan pemberdayaan masyarakat.

Sumber dana pada TMMD kali ini berasal dari  APBD Provinsi sebesar Rp. 132.000.000 dan APBD Kabupaten sebesar Rp. 400.000.000 sehingga total anggaran sebesar Rp. 532.000.000.  (Andi TS / Anis Yahya)