Kel Panggung, Kota Tegal, Terbaik Penanganan Covid-19

Kel Panggung, Kota Tegal, Terbaik Penanganan Covid-19
Amin Suseno, SH, Lurah Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal Senin (26/10)

Tegal - Meskipun kelurahan Panggung dari 27 kelurahan Kota Tegal melalui Forum Kesehatan Kelurahan Siaga Aktif Mandiri dinobatkan sebagai kelurahan terbaik dalam penanganan pencegahan Covid-19, namun pihak Kelurahan tetap pro aktif melakukan aksi pencegahan sebagai antisipasi penyebaran lebih lanjut virus corona seperti penyemprotan disinfektan secara berkala disetiap wilayah RW. Terutama pada keluarga yang sedang menjalani isolasi mandiri karena ada anggota keluarganya yang positif covid-19.

Hari ini saja, Senin (26/10) Forum Kesehatan Kelurahan Siaga Aktif Mandiri, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal timur, Kota Tegal dengan dukungan kekuatan 25 orang yang terdiri dari pengurus dan anggotanya, melakukan penyemprotan disinfektan terhadap sebuah keluarga di Rt 11 Rw 12 yang salah satu anggota keluarganya meninggal dunia karena Covid-19.

Disinilah peran penting Forum yang dibentuk sejak tahun 2016 ini bergerak cepat selain melakukan penyemprotan disinfektan, menjamin keluarga yang menjalani isolasi mandiri dengan program Jogo Tonggonya. Forum inilah yang berperan mensuplai kebutuhan pokok keseharian keluarga isolasi mandiri tersebut hingga 14 hari kedepan.

Seperti diketahui, dalam satu bulan terakhir, terdapat 3 korban meninggal dunia yang positif terinfeksi virus corona. Peran serta forum ini yang didukung masyarakat sekitar menyadarkan tentang pentingnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan dengan 3 M, memakai Masker, Mencuci tangan pakai sabun dan Menjaga jarak atau social distancing.

" Alkhamdulillah penanganan Covid sangat aktif, cepat tanggap, preventif dan humanis, semua bergerak cepat dari pemerintahan kelurahan, Babin dan mitra kelurahan siaga aktif semuanya bergerak cepat, " Ujar Lurah Panggung, Amin Suseno, SH pada jateng.indonesiasatu.id, Senin (26/10) diruang kerjanya Kelurahan Panggung, Tegal timur, Kota Tegal.

Menurutnya dengan pergerakan cepat tanggap, setidaknya kelurahan Panggung dengan populasi terpadat di Kota Tegal dapat menekan skala penularan penyebaran covid-19.

" Hal itu terlihat terjadinya peningkatan masyarakat di wilayah Panggung yang menyadari pentingnya mematuhi protokol kesehatan dengan 3 M itu, " Tambahnya.

Hal itu ditegaskan kembali oleh Ketua Forum Kesehatan Kelurahan Siaga Aktif yang sudah berpredikat Mandiri dengan menyebutkan 75 % masyarakat kelurahan Panggung sudah menjalankan protokol kesehatan.

" Sekitar 75% warga sudah mulai mentaati protokol kesehatan dan perilaku hidup sehat, " Kata Mahfud Fauzi, Amd usai kembali dari penyemprotan di Rt 11 Rw 12 kelurahan Panggung, Tegal timur, Kota Tegal, Senin (26/10).

Soal penanganan Jogo Tonggo yang mensuplai kebutuhan pokok warga yang sedang melakukan isolasi mandiri, disebutkan sumber dananya berasal dari penggalangan csr perusahaan maupun kontribusi masyarakat.

" Begini mas, kami punya visi misi dengan kerja...kerja...kerja... Dengan Tulus Ikhlas Penuh Tanggung Jawab. Dalam penanganan Jogo Tonggo, biaya penanganan untuk itu remojongan termasuk kami berupaya mengajuka csr ke perusahaan, " Imbuhnya.

Bahkan menurutnya, sekarang ada respond positif dari Wakil Walikota Tegal HM Jumadi yang akan mengupayakan biaya operasional.

" Pak Wakil Walikota meminta data jumlah pengurus dan anggota Forum Kesehatan Kelurahan Siaga Aktif. Katanya mau mengupayakan biaya untuk operasional, " Ujarnya.

Kecepatan pergerakan dalam penanganan terkait pencegahan penyebaran covid-19 terutama dalam pendampingan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, pendistribusian ribuan masker itulah hingga Forum Kesehatan Kelurahan Siaga Aktif ini mendapatkan penghargaan yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kota Tegal. (Anis Yahya)