Karang Taruna Siap Menjadi Brigade Terdepan Cegah Covid-19

Karang Taruna Siap Menjadi Brigade Terdepan Cegah Covid-19

BREBES - Karang Taruna Kabupaten Brebes siap menjadi brigade terdepan membantu pemerintah daerah dalam mencegah covid-19.

"Tentunya banyak hal yang harus kami lakukan, yang pertama kami membantu mulai dari pemerintah daerah, kecamatan, hingga desa dalam upaya mencegah penyebaran covid-19," kata Ketua Karang Taruna Kabupaten Brebes Saefudin Trio Susanto usai Sarasehan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Karang Taruna ke-60 di gedung eks Kawedanan Bumiayu, Sabtu (26/9/2020).

Saefudin juga mengatakan, Karang Taruna akan mengedukasi masyarakat bagaimana hidup dengan adaptasi kebiasaan baru dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

"Tentunya Karang Taruna akan menjadi teladan bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan itu sendiri," ucap Saefudin.

Pembina Teknis Karang Taruna Kabupaten Brebes Mafkhuri mengatakan, meskipun di masa pandemi covid-19, Karang Taruna diharapkan tetap eksis dalam kegiatanya, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Saya harapkan Karang Taruna menjadi teladan dalam menghadapi covid-19, Karena masalah yang kita hadapi adalah ketiaktahuan masyarakat," kata Mafkhuri.

Mafkhuri menambahkan, masyarakat harus diedukasi bahwa satu-satunya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan menerapkan 3 M. Yang pertama adalah menggunakan masker apapun aktifitasnya dimanapun berada. Yang kedua adalah mencuci tangan dengan sabun disinfektan sesering mungkin pada air mengalir. Yang ketiga adalah menjaga jarang dengan orang lain.

"Itulah yang menjadi harapan, Karang Taruna bisa menjadi teladan, mengedukasi keluarganya, dan orang-orang disekitar mereka," ucap Mafkhuri.

Pembina Karang Taruna Kecamatan Tonjong yang juga Kepala Desa Karangjongkeng Abdul Mukhit mengatakan, Karang Taruna merupakan mitra bagi pemerintah desa dalam membangun desa.

"Saya selaku kepala desa akan mendukung kegiatan Karang Taruna, terutama yang bersifat mengangkat ekonomi masyarakat desa," kata Abdul Mukhit.

Hal senada juga dikatakan Ketua Karang Taruna Kecamatan Paguyangan yang juga Kepala Desa Wanatirta Lukman Hakim. Ia mengatakan, Karang Taruna harus dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan desa karena Karang Taruna diisi oleh pemuda-pemuda kreatif yang berpikiran cerdas.

"Tentu sangat ironis sekali kalau pemerintah desa tidak melibatkan Karang Taruna," kata Lukman.

Panitia Sarasehan HUT Karang Taruna ke-60 tingkat Kabupaten Brebes Safik mengatakan, selain sarasehan, sebelumnya juga digelr donor darah yang diikuti oleh 90 pendonor.

"Alhmadulillah ada 90 pendonor yang tadinya targetnya hanya 30 pendonor saja," kata Safik. Selain itu, imbuhnya juga ada pagelaran seni dan pembagian sembako kepada warga kurang mampu.

Dalam acara Sarasehan tersebut juga dipajang aneka produk hasil karya Karang Taruna.

"Kami juga akan menggelar jambore seribu pemuda di Kaligu pada 8 hingga 10 november 2020 mendatang," ungkap Safik.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Karang Taruna Kabupaten Brebes Saeful Trio Susanto, Pembina Teknis Karang Taruna Kabupaten Brebes, Perwakilan BNK Brebes, Kapoksek Bumiayu, Danramil Bumiayu, dan Kapolsek Bumiayu, serta Camat Bumiayu.