DPKH Brebes Bagikan Itik dan Telur pada Puncak Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Tingkat Kabupaten Brebes

DPKH Brebes Bagikan Itik dan  Telur pada Puncak Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Tingkat Kabupaten Brebes

BREBES - Puncak Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan 2020 Tingkat Kabupaten Brebes, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes membagikan 200 ekor itik dan 6 ribu butir telur kepada peternak. 

Penyerahan secara simbolis dilakukan di Tepi Waduk Penjalin, Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Kamis (24/9/2020) oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH.

Dalam puncak bulan bakti tersebut juga dilakukan pengobatan massal kambing dan domba. Pemberian vaksin rabies kepada anjing dan kucing, serta pembagian masker kepada peternak.

"Dengan Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan diharapkan terjalin sinergi antara stake holder untuk mendukung terwujudnya swa sembada pangan, kata Kepala DPKH Kabupaten Brebes drh Ismu Broto.

Ismu mengatakan, bulan bakti tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dalam usaha pemberdayaan masyarakat secara adil khususnya pada bidang peternakan sehingga masyarakat mampu beternak dengan baik dan menghasilkan ternak yang mempunyai produksi dan produktifitas tinggi yang pada akhirnya peternak memperoleh pendapatan yang layak.

Program yang dilaksanakan DPKH Brebes juga dalam rangka mendukung pencapaian visi Pemerintah Kabupaten Brebes yaitu 'Menuju Brebes Unggul, Sejahtera, dan Berkeadilan'.

Pada misi ke-3, lanjut Ismu dikatakan Meningkatkan pengembangan pertanian, ekonomi kerakyatan, dengan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berbasis kearifan lokal.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala DPKH Kabupaten Brebes drh Ismu Broto, Asisten III Sekda Kabupaten Brebes,  Kepala Baperlitbangda Kabupaten Brebes, Kepala BPPKAD Kabupaten Brebes,  Kepala Dinas Sosial Kabupaten Brebes,  Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Brebes, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Brebes,  Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Brebes, Camat Paguyangan, Danramil Paguyangan, Kapolsek Paguyangan, dan Kepala Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan.

Sementara, Rangkaian kegiatan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Brebes yaitu, Pada Tanggal 28 Agustus 2020 bertempat di Desa Pesantunan Kecamatan Wanasari Kabupaten berupa kegiatan pengobatan masal ternak kambing/domba  sebanyak 386 ekor dan vaksinasi pada ternak anjing 3 ekor, kucing sebanyak 4 ekor serta bantuan telur ayam  sebanyak 360 butir.

Pada Tanggal 3 September 2020 bertempai di Desa Pamulihan Kecamatan Larangan berupa kegiatan pengobatan masal ternak kerbau  sebanyak 294 ekor dan pembagian masker kepada masyarakat sebanyak 50 buah serta bantuan telur ayam  sebanyak 640 butir.

Pada Tanggal 12 September 2020 bertempat di Desa Laren Kecamatan Bumiayu  berupa kegiatan pengobatan masal ternak kambing/domba sebanyak 218 ekor, vaksinasi rabies pada kucing sebanyak 7 ekor serta bantuan telur ayam sebanyak 3.000 butir.

Pada Tanggal 16  September 2020 bertempat di Desa Tegalglagah Kecamatan Bulakamba berupa kegiatan pengobatan masal ternak kambing/domba sebanyak 105 ekor pada KTT Barokah.