Dandim 0712/Tegal Undang Jurnalis Tegal Raya Untuk Saling Komunikasikan Persepsi

Dandim 0712/Tegal Undang Jurnalis Tegal Raya Untuk Saling Komunikasikan Persepsi
Dandim 0712/Tegal, letkol inf Sutan Pandapotan Siregar S.I.P

Tegal – Kodim 0712/Tegal melakukan rangkaian kegiatan social approachdengan mengundang elemen-elemen masyarakat untuk diajak berdiskusi mengkomunikasikan persepsi tiap elemen atau kelompok masyarakat. Hari ini, Minggu (8/11) Dandim 0712/Tegal, Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P mengundang awak media untuk menyampaikan persepsi sesuai tugas pokok profesi yang disandang.

Acara dikemas dengan tajuk Coffee Morning Dandim 0712/Tegal dan Jurnalis, Membangun Sinergitas TNI dan Media mengambil tempat di Kebun Mangga, jalan Pulau Rote, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal yang merupakan perkebunan mangga Gincu milik TNI seluas 19 hektar. Dandim Sutan Pandapotan Siregar memahami bahwa kehadiran tugas awak media ditengah masyarakat turut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa pada skala besar. Bahkan menurutnya, masing-masing pihak perlu memiliki kesepahaman tentang tugas dan fungsinya masing-masing.

“ Tugas dari media adalah hadir dan mencerdaskan seluruh masyarakat kita. Maka dari itu kegiatan yang terselenggarakan pada pagi ini, kami ingin merasakan bahwa kami punya bagian dan media juga punya bagian yang sama-sama harus kita sinergikan yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, mengedukasi dan memberikan wawasan kepada masyarakat kita, “ Ujar Sutan Pandapotan Siregar pada awak media yang mewawancarainya. Meski demikian, Dandim juga menghimbau pada awak media maupun Jurnalisnya baik media cetak, elektronik dan online untuk bersama-sama mengemban tugas mencerdaskan kehidupan bangsa dengan penyajian pemberitaan yang seimbang. Dandim juga mendorong dan berpesan pada awak media untuk terus berkarya.

“ Kepada seluruh rekan-rekan media, jurnalis cetak, elektronik maupun online yang telah bersama-sama kita mengembang tugas mencerdaskan kehidupan bangsa menyajikan pemberitaan yang seimbang dan untuk terus berkarya dibidangnya masing-masing, “ Tambah Sutan Pandapotan Siregar.

Dihadapan para awak media, perwira, pelaksana harian Kasdim, Pasi serta 22 Danramil se-Tegal raya, suami dari Puspita Andarini Raditia Khoirunnisa, SH itu menyampaikan akan membuka ruang komunikasi secara luas.

“ Saya sangat membuka ruang komunikasi bagi rekan-rekan Jurnalis media termasuk pada rekan-rekan yang lain, saya akan membuka ruang komunikasi. Karena bagi saya prinsip untuk kita bisa mencapai suatu tugas, diperlukan tiga hal. Pertama kita harus berkomunikasi. Tanpa komunikasi tentu kita tidak akan tercapai suatu tujuan. Setelah berkomunikasi kita digerakan untuk berkoordinasi. Dari koordinasi maka akan melahirkan bentuk kerjasama. Maka untuk bisa meraih suatu pencapaian dibutuhkan komunikasi, koordinasi dan kerjasama, “ Ujar Dandim Sutan Pandapotan Siregar yang dalam waktu dekat juga akan melakukan social approach dengan kelompok masyarakat disabilitas atau penyandang cacat.

Langkah-langkah kedepan dari visi Dandim yang sebelumnya menjabat Komandan Batalyon Infantri 407 Padma Kusuma ini tentunya ketika dirinya menyampaikan lahan seluas 19 hektar milik TNI tersebut. Pihaknya mempersilahkan untuk menciptakan nilai manfaat bagi masyarakat dengan menggunakan lahan itu sebagai tempat usaha yang terkoordinir dengan pihak Kodim 0712/Tegal.

“ Ini adalah tanah milik Angkatan Darat yang dipertanggung-jawabkan kepada Kodim sebagai pengelola, pemelihara asset milik TNI luasnya kurang lebih 19 hektar. Silahkan dikembangkan, ini lahannya, “ Kata Dandim. Bahkan dirinya mempersilahkan lahan itu bisa dimanfaatkan bagi masyarakat dengan berkoordinasi dengan Kodim 0712/Tegal agar dapat menghasilkan nilai manfaat bagi masyarakat. Dandim juga mewacanakan pengembangan UMKM bagi masyarakat serta destinasi wisata dilahan dan daerah tersebut. (Anis Yahya)