Camat Diajak Melihat Penanganan Ibu Hamil

Camat Diajak Melihat Penanganan Ibu Hamil

BREBES - Camat se Kabupaten Brebes diajak ke desa Kaligiri oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH untuk melihat lebih dekat penanganan ibu hamil (Bumil) di desa tersebut, Sabtu (17/10/2020).

"Kunjungan ini sebagai implementasi grebeg kawal wong meteng," kata Idza saat ditanya sejumlah awak media.

Idza mengatakan, dalam implementasi kawal wong meteng, ternyata Desa Kaligiri telah melaksanakan sejak lama sehingga harapnya bisa menjadi percontohan di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes.

Keterlibatan masyarakat dalam penanganan ibu hamil, lanjut Idza, sangat dirasakan manfaatnya meskipun apa yang mereka lakukan secara suka rela.

Bupati juga mengingatkan agar Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) tetap diperhatikan meskipun masih konsentrasi dengan covid 19. Karena itu, camat dan kepala desa diminta untuk memetakan ibu hamil diwilayahnya dan melakukan langkah strategis kepada mereka.

Kepala Desa Kaligiri Rosidi mengatakan, Pemerintah Desa Kaligiri apresiasi dengan Forum Kesehatan Desa (FKD) desanya, yang salah satu kegiatanya mengawal ibu hamil dalam rangka menekan AKI maupun AKB.

Rosidi mengatakan, kegiatan pendampingan bumil dilakukan sejak tahun 2013. Saat itu dana desa belum bisa digunakan untuk mensuport kegiatan tersebut. Namun kegiatan pendampingan tetap berjalan.

"Setelah dana desa bisa digunakan, maka kami suport kegiatan kesehatan, termasuk kegiatan pendampingan ibu hamil," tutur Rosidi.