7 Tahun Dalam Pelarian, Lapas 2B Kota Tegal Berhasil Bekuk Buron Penipuan

7 Tahun Dalam Pelarian, Lapas 2B Kota Tegal Berhasil Bekuk Buron Penipuan
Kepala Lapas 2B Kota Tegal, Sambiyono, Bc.IP, SH

Tegal - Lapas 2B Kota Tegal berhasil menangkap kembali seorang narapidana yang selama 7 tahun menjadi DPO pihak lapas Tegal. Napi buron bernama Sarpan Bin Rakwid asal kecamatan Suradadi itu berhasil dibekuk Petugas Lapas yang dibantu masyarakat dan polsek Suradadi dirumahnya desa Harjosari, kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal Semalam, Rabu (7/10).

Penangkapan kembali Sarpan Bin Rakwid dibenarkan Kepala Lapas 2B Kota Tegal, Sambiyono Bc. IP. SH, yang disampaikan pada jateng.indonesiasatu.id, Kamis (8/10) di depan gedung Lapas kota Tegal.

" Penangkapan napi semalam adalah napi yang lari dari tahun 2013 yang sudah lama kita jadikan DPO dan datanya masih aktif, " Kata Sambiyono.

Menurutnya kabar keberadaan buronan tersebut berkat kerjasama pihaknya dengan masyarakat yang telah menginformasikan bahwa buronan berada ditempat tinggalnya didesa Harjosari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal.

" Makanya kami berkoordinasi dengan ketua Rt setempat dan kapolsek Suradadi untuk membantu penangkapan napi tersebut, " Ujarnya.

Masih menurut keterangannya, masyarakat memaklumi penangkapan itu lantaran napi buron tersebut sudah banyak membikin resah dengan perilakunya yang masih suka menipu.

" Jadi selama dalam pelarian hampir 7 tahun, mungkin ada kasus lain yang dilakukannya sehingga masyarakat cukup resah bahkan anak tirinya sendiri juga resah karena ibunya ditipu juga, " Tambah Sambiyono.

Kini petualangan Sarpan Bin Rakwid terhenti setelah Petugas Lapas Tegal dengan dibantu masyarakat dan polsek Suradadi membekuk tanpa perlawanan dirumahnya desa Harjosari.

" Alkhamdulillah berkat kerjasama masyarakat dan Polsek Suradadi, napi tersebut bisa kita tangkap, bisa dibawa lagi ke lapas dengan aman tanpa ada perlawanan sedikitpun dari yang bersangkutan, " Pungkas Kalapas Tegal, Sambiyono, Bc.IP, SH.

Seperti diketahui, Sarpan bin Rakwid terdakwa kasus penipuan dengan hukuman penjara 1 tahun 4 bulan. Pada tahun 2013, saat dirinya disuruh kerja sosial mencuci kendaraan, saat itu dia melarikan diri menuju arah stasiun hingga menjadi DPO lapas Tegal dan petualangan menjadi buron berakhir saat penangkapan semalam, Rabu (7/10). (Anis Yahya)