46 Orang Terjaring Operasi Yustisi Prokes di Kab. Tegal

46 Orang Terjaring Operasi Yustisi Prokes di Kab. Tegal
Sanksi push up pelanggar protokol kesehatan

Tegal - Operasi yustisi gabungan Kodim 0712/Tegal, Polri dan Pemkab Tegal digelar di jalan umum depan kantor Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Kamis (12/11).

Menurut Komandan Kodim 0712/Tegal, Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P melalui Danramil 19/Bumijawa Kapten Cpm Aris, dengan digelarnya operasi yustisi diharapkan kesadaran masyarakat akan disiplin protokol kesehatan semakin meningkat sehingga bisa menekan angka Covid-19 di Wilayah Kabupaten Tegal.

Operasi yustisi tidak hanya fokus pada penindakan saja, tapi lebih kepada tujuan edukasi.

" Yang terpenting adalah bagaimana masyarakat sadar dan mau mematuhi protokol kesehatan, " ucap Dandim 0712/Tegal.

Terjaring dalam operasi tersebut 46 orang karena tidak memakai masker. Dari semua pelanggar prokes, diberikan sanksi sesuai kemampuan dan pilihan.

Beberapa Pelanggar protokol kesehatan, dalam memilih sanksi yang diberikan, diantaranya sanksi melafalkan teks Pancasila dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebanyak 10 orang, 4 orang push up, dan 32 orang memilih membayar denda Rp 10.000.- (sepuluh ribu rupiah).
   
Untuk meraih simpati dari masyarakat, Operasi Yustisi gabungan dilakukan dengan cara humanis, sehingga masyarakat sadar dan tidak mengulangi pelanggaran. (Anis Yahya)